Kedelai, Pemicu atau Penekan Sel Kanker?.

Walaupun memiliki reputasi yang amat baik bagi kesehatan, makanan berbahan dasar kedelai juga disebut-sebut memicu kanker. Mana yang benar?
Salah satu khasiat kedelai yang terkenal adalah kandungan isoflavon yang berkhasiat mengurangi risiko kanker payudara. Di lain pihak ada penelitian yang menyebutkan bahwa kedelai membuat sel kanker payudara tumbuh dan berbiak. Kontroversi mengenai keluarga kacang-kacangan yang satu ini coba ditengahi oleh penelitian terbaru yang dilansir dalam jurnal American Medical Association.
Dalam studi yang melibatkan lebih dari 5.000 penyintas kanker payudara ini para peneliti menemukan bahwa konsumsi makanan kedelai dalam dosis ...
Susu Kedelai Bebas Kolesterol.

Meski bentuknya kecil, kedelai bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan, salah satunya adalah susu kedelai. Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi, oleh karena itu susu kedelai bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi terutama bagi mereka yang alergi laktosa pada susu sapi.
Kelebihan lain susu kedelai dibanding susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Meski demikian, menurut Prof. Dr. Made Astawan, penulis buku Kandungan Gizi dan Aneka Bahan Makanan, kandungan kolesterol susu sapi masih tergolong sangat rendah bila dibandingkan dengan bahan pangan hewani lainnya. Karena itu tak perlu khawatir minum susu sapi.
Mutu protein ...
Makanan Pengusir PMS dan Stres.

Makanan juga bisa menjadi “obat” saat perempuan mengalami gangguan hormonal menjelang haid atau saat stres.
Susu dan kedelai pengusir PMS
Sebelum waktu haid tiba, level nutrisi mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan mood berubah. Untuk itu Anda perlu meminum susu yang mengandung vitamin D. Menurut riset yang diterbitkan oleh International Journal of Gynecology & Obstetrics, susu bisa mencegah PMS. Konsumsi kalsium dan vitamin D yang mencukupi, membantu peningkatan mooddan mengurangi kecemasan saat PMS.
Kedelai juga menjadi makanan pengobat PMS. Perempuan yang mengasup 30 gr kacang kedelai per hari, mampu mereduksi ...
Tiru Kebiasaan Orang Jepang Makan Kedelai.

Setiap orang dianjurkan mengasup kedelai 50-90 mg per hari. Namun, orang Jepang mengasup kedelai jauh di atas rata-rata, 200 mg per hari. Kebiasaan sehat ini membuahkan hasil. Orang Jepang memiliki risiko lebih kecil dari sejumlah penyakit seperti kanker payudara dan kanker prostat. Bahkan perempuan Jepang memiliki kesehatan tulang lebih tinggi, sehingga risiko osteoporosis lebih rendah. Mereka juga mengalami berbagai gejala menopause lebih rendah dibandingkan perempuan di Amerika Serikat.
Kebiasaan makan kedelai dalam menu harian punya banyak manfaat. Kedelai kaya akan isoflavon. Peranan isoflavon kedelai di antaranya mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium, dan ...
Diabetes, Puasa dan Susu Kedelai.

Bulan suci Ramadhan dengan kewajiban menjalankan ibadah puasa biasanya disambut dengan gembira, termasuk mereka yang kebetulan menderita kencing manis atau diabetes. Penyandang diabetes diperbolehkan berpuasa bila memang memungkinkan berdasarkan sejumlah pertimbangan seperti penilaian kondisi fisik, penilaian kontrol metabolik, diet dan penyesuaian jenis asupan obat.
Pilihan Minuman Serbuk Susu Kedelai Natoya adalah alternatif asupan terbaik bagi Anda yang akan dan sedang menjalankan puasa, sebagai suplemen tambahan selain obat tentunya.
Natoya memiliki kandungan isoflavon yang sudah dikenal sebagai senyawa bermanfaat untuk diabetes. Isoflavon kedelai ...
8 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan.

Kita sering mengatakan bahwa kedelai dapat menjadi pengganti daging bagi mereka yang tergolong vegetarian. Kedelai merupakan gudang nutrisi dan Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari sejumlah produk berbasis kedelai seperti susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung.
Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar ...
Lebih Jangkung dengan Susu Kedelai.

Kebanyakan orang mengidamkan tubuh tinggi sampai semampai. Cara-cara dengan biaya mahal pun rela ditempuh untuk mewujudkannya. Padahal, ada langkah lain yang lebih mudah, praktis, dengan biaya terjangkau. Konsumsi kedelai salah satunya.
Kedelai kaya akan protein nabati yang mengandung 22 asam amino untuk mencegah berbagai penyakit, dan sedikit lemak. "Susu dari kedelai selain menyehatkan juga berfungsi menambah berat badan," ujar dr.Samuel Oetoro, Sp.GK.
Kedelai baik untuk membangun otot, juga menguatkan tulang karena mengandung vitamin D serta kalsium. Susu kedelai juga mengandung isoflavon yang mirip hormon estrogen dan bersifat antikanker payudara sekaligus ...
Fakta Unik tentang Kedelai yang Terlupakan.

Kedelai termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang memiliki tingkatan nutrisi sangat tinggi, terutama protein nabati. Protein merupakan senyawa organik kompleks yang banyak kandungan gizi.
Molekul protein ini bisa mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor yang dibutuhkan tubuh. Ini pula yang ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB disela-sela acara Soyjoy Healthylicious 2, kemarin (13/4/2011).
"Protein kedelai adalah lebih baik, hampir mendekati protein hewani walaupun tidak sama persis" katanya. Dalam paparan lanjutan, protein kedelai sangat baik untuk ...
Berkat Kedelai Kulit Awet Muda.

Siapa pun tahu bahwa kedelai adalah kacang-kacangan yang berprotein tinggi. Yang mungkin belum banyak orang tahu kedelai adalah sumber utama isoflavon yang telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat kulit tetap awet muda.
Menurut Profesor Deddy Muchtadi, Ahli Ilmu Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor, ekstrak protein dalam kedelai mengandung estrogen dalam bentuk zat isoflavon atau disebut dengan phytoestrogen.
"Dampak mengonsumsi phytestrogen kerutan di kulit akan berkurang. Sama dampaknya seperti hasil terapi hormon untuk mengurangi penuaan kulit," papar Prof.Deddy dalam acara media forum ...
Isoflavon Kedelai Kendalikan Kolesterol.

Bukti-bukti hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi diet dengan protein kedelai akan menurunkan kolesterol darah dan mengurangi penyakit kronis pada populasi di Barat. Hal lain yang menonjol adalah penurunan kadar kolesterol oleh suplementasi protein kedelai tersebut sama dengan yang disebabkan oleh obat-obat penurun kolesterol yang diproduksi secara sintetik, serta jumlah protein kedelai yang diperlukan cukup rendah. Terapi diet (terapi melalui pengaturan makanan) menjadi lebih efektif jika menggunakan protein kedelai dibandingkan jika hanya menggunakan makanan rendah lemak saja dalam mencegah penyakit jantung koroner.
Karena mengandung isoflavon yang terdiri atas ...


